Pada bulan Oktober kemarin saya mengikuti Job Fair di kampus tercinta, Universitas Brawijaya (UB). Seperti jobseeker pada umumnya, inilah saat yang tepat untuk spamming CV. Saya pun mencoba submit CV saya ke beberapa perusahaan yang persyaratannya berhasil saya penuhi. Salahsatu diantaranya perusahaan distribusi yang dimiliki oleh Gudang Garam, PT Surya Madistrindo.
Setelah menunggu beberapa hari, akhirnya ada SMS dan juga email yang berisi undangan untuk mengikuti tes tertulis yang diadakan di UB.
Hanya membawa alat tulis seadanya, saya nekat ikut tes.

1. Tes Tertulis
Tes tertulis diawali dengan sedikit presentasi dari Bu Felly yang menjelaskan tentang fase atau tahapan seleksi.
Intinya adalah ada 6 tahapan seleksi yang harus dilalui sebelum akhirnya bisa bergabung dengan PT SM.

Sumber gambar: kaskus

Di tes tertulis ini yang harus dikerjakan kalau tidak salah ada 3 bagian yaitu berhitung (penjumlahan & pengurangan), deret angka, dan sejenis padanan kata. Tiap bagian diberi waktu yang menurut saya sangat sedikit. Karena otak sudah lama tidak terpakai untuk mikir keras, jadilah banyak soal yang tidak saya kerjakan alias kosong. Untuk pengumuman lolos/tidaknya langsung pada saat itu juga. Jadi, setelah mengerjakan soal & dikumpulkan kita harus menunggu beberapa saat untuk mengetahui lolos/tidaknya. Bu Felly yang membacakan nama-nama peserta yang lolos ke tahapan FGD.

2. FGD (Focused Group Discussion)
Tahapan selanjutnya adalah FGD. Pengumuman FGD ini agak terlambat dari rencana yang kurang lebih 2 minggu. FGD yang saya jalani selama 2 hari ini adalah yang pertama kali buat saya. Seperti tes tertulis dulu, tanpa persiapan sama sekali. Untungnya, hari pertama hanya untuk overview FGD. Overview ini hanya berisi melihat video dan presentasi dari Pak Jordi, mengisi absen, dan melihat hasil pembagian kelompok FGD untuk esok hari. Jadi, dihari pertama ini cukup membawa alat tulis untuk absen. Sedangkan untuk penjelasan atau presentasinya terserah mau dicatat atau tidak.
Presentasinya lebih ke pengenalan PT SM lebih dalam lagi, terlebih tentang program Management Trainee (MT). Bagian terpenting adalah tahapan MT yang ternyata memiliki beberapa fase yang di tiap fasenya diadakan semacam Quality Control yang nantinya menentukan lolos atau tidaknya ke fase selanjutnya. Phew.

Hari kedua FGD adalah FGD yang sebenarnya. Setelah kemarin pembagian kelompok dan waktu FGD, saya kebagian kelompok magrib. Bayangin magrib-magrib bukannya pulang terus makan malam ini malah diskusi. Namanya juga jobseeker.
Tiap kelompok FGD terdiri atas 6 orang, tapi ada juga yang berisi 7 orang. Namun realisasinya, pada saat FGD ada kelompok lain yang hanya berisi 4 orang. Anggota lainnya, entahlah kemana.
Setelah memasuki ruangan FGD, dihadapkan dengan meja persegi panjang dengan kursi disetiap sisinya, melingkar. Selain itu juga ada Bu Felly dan seorang laki-laki yang saya belum tahu namanya.
Diawali dengan mengisi nama & informasi lain, kemudian dilanjutkan dengan perkenalan singkat. Di FGD ini kalau tidak salah diberikan waktu 7 menit untuk mengisi kasus-kasus yang telah disediakan. Bagian pertama ada 5 kasus tentang kepemimpinan dan 6 kasus tentang distribusi untuk bagian kedua. Jadi, dibagian pertama akan ada permasalahan yang terjadi dan dibawahnya terdapat alternatif tindakan yang dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah tersebut. Sedangkan bagian kedua lebih ke mencocokkan tugas dan fungsi Area. Saran saya, pahami betul-betul permasalahan yang diberikan, juga cari jawaban dan alasan yang setidaknya tidak terlalu menonjolkan diri sendiri, lebih ke teamwork, atau mencari solusi dan jalan tengah yang win-win solution.
Setelah menjawab individu, diberikan waktu 15 menit untuk berdiskusi sekaligus mempengaruhi anggota kelompok untuk menggunakan jawaban yang telah dipilih agar dipakai untuk jawaban kelompok.
Perlu diketahui, jika jawaban individu sama dengan kelompok akan mendapatkan skor +1. Apabila jawaban berbeda dengan jawaban kelompok skor -1. Sedangkan kalau tidak terjawab atau kosong maka skornya adalah -2. Saran saya, sebelum memasuki ruangan FGD, carilah anggota kelompok kemudian beritahu akan scoring dan keterbatasan waktu yang diberikan ini agar pada saat diskusi penentuan jawaban kelompok tidak terlalu larut dalam perdebatan yang tidak berujung. Karena saat saya FGD hanya berhasil membuat 3 jawaban kelompok dari total 5 yang telah dibahas. Jadi masih ada 6 kasus yang belum didiskusikan, apalagi terjawab.
Pengumuman FGD disampaikan melalui SMS dan email pada hari itu juga.

3. Interview HR
Tahapan ketiga adalah Interview HR. Seperti apakah tahapan ini? Entahlah saya masih belum memiliki gambaran karena rencananya masih akan dilaksanakan di bulan Januari 2017. Semoga saja saya masih bisa diberikan kesempatan untuk mengikuti tahapan-tahapan seleksi selanjutnya agar bisa memberikan update informasinya disini.

4. Interview Board of Management

5. Initial Offering

6. Medical Check Up

Welcome on Board

Mohon maaf apabila terdapat kata atau ungkapan yang tidak berkenan.
Semoga sukses untuk kita semua.
Salam, jobseeker.

