Halo semuanya. Kali ini saya mau memberikan uneg-uneg yang saya rasakan ketika memakai iPhone 5 dan 5c di penghujung tahun 2016 ini. iPhone yang saya pakai adalah unit saya sendiri (iPhone 5c Putih 16 GB), ditambah dengan iPhone 5 Silver 32 GB milik teman saya. Karena keduanya memiliki spesifikasi teknis yang sama, anggap saja mewakili keduanya😀


Kamera

Bagi selfie-holic kamera merupakan bagian penting, dan bahkan menjadi hal utama ketika memilih ponsel, terlebih kamera depan. Bagaimana dengan kamera iPhone 5/5c?

Kamera depan tergolong “cukup memuaskan” kalau hanya untuk sekedar display picture media sosial. Dengan warna yang bisa dibilang natural, apa adanya, meskipun detailnya kurang terasa. 

Hasil kamera depan (indoor)
Sedangkan untuk kamera belakang, sama halnya dengan kamera depan, warna yang dihasilkan cukup bagus. Namun sayangnya detail masih kurang begitu jelas. 

Hasil kamera belakang (indoor)

Performa

Disini terdapat perbedaan yang sangat mencolok, karena OS yang digunakan antara iPhone 5 dan iPhone 5c berbeda versi. iPhone 5 sudah terpasang iOS 10, sedangkan iPhone 5c masih bertahan pada iOS versi 9.3.2.

Ketika saya menggunakan iPhone 5c, baik untuk navigasi menu, membuka-tutup aplikasi, multitasking, masih sangat lancar dan nyanan. 

Sedangkan iPhone 5 sedikit terasa lebih berat ketika dioperasikan. Baik untuk navigasi menu, membuka kunci (karena di iOS 10 untuk membuka kunci harus dengan menekan tombol home, dan disini terasa sangat lamban) dan aplikasi, dan sebagainya.   Mungkin karena pengaruh penggunaan iOS 10. Oleh karena itu, saran saya, untuk pengguna iPhone 5 maupun 5c agar tidak melakukan upgrade OS ke iOS 10.

Desain

Menurut saya, desain iPhone generasi berapapun akan tetap keren, dan tidak kalah dengan ponsel keluaran terbaru. Misalnya saja iPhone 2, 3 series, maupun 4 series. Terlebih iPhone 6 series, dan 7 yang baru saja dirilis. Semuanya memiliki “keunggulan” masing-masing. Misalnya saja iPhone 5 series yang memiliki ciri khas desain yang premium, dibalut dengan ‘besi’, bentuk yang compact dan tegas, kotak. Kecuali iPhone 5c yang memiliki casing plastik. 

Meskipun casing iPhone 5c berbahan plastik dan sedikit lebih tebal, menurut saya, sangat nyaman ketika digenggam jika dibandingkan dengan saudaranya, iPhone 5 dan 5s (juga iPhone SE yang notabene berbodi 5s). Desain rounded, layaknya iPhone terbaru, dibagian belakanglah yang membuatnya ergonomis sehingga nyaman ketika digenggam. 

Kesimpulan

iPhone 5 dan iPhone 5c masih layak untuk dibeli di akhir tahun 2016 ini. Meskipun sudah berumur, desain, kamera, dan performanya masih bisa dibilang mumpuni. Terlebih lagi saat ini harga kedua ponsel ini semakin terjangkau (saat ini berkisar antara 1,9 sampai 2 jutaan). 

Namun, sebagai catatan, kedua iPhone ini sudah lama di discontinue, alias sudah tidak diproduksi lagi. Dengan kata lain sudah tidak ada lagi yang baru, kecuali stok lama. 

Bukan rahasia lagi jika banyak sekali ‘distributor’ yang menyediakan iPhone baru dengan harga miring. Kemiringan harga tersebut juga dibarengi dengan kualitas iPhone yang dijual. Sudah banyak sekali pengguna iPhone garansi distributor yang mengeluh karena iPhone yang baru dibelinya mengalami kerusakan. Bahkan, rusak ataupun ada lecet/cacat ketika dibuka untuk dicek di konter. Karena pada dasarnya iPhone distributor tersebut adalah iPhone bekas yang kemudian disulap menjadi ‘seolah baru’.

Oleh karena itu harap lebih berhati-hati dan tidak tergiur harga yang murah dalam membeli iPhone. Tidak hanya membeli iPhone saja, tapi dalam segala hal agar tidak menyesal di kemudian hari. 

Selamat berburu iPhone🙂