Sore ini saya mendapatkan pesan di WhatsApp yang memberitahukan bahwa WhatsApp sedang mengadakan perayaan yang ke 10 tahun. 

*Whatsapp celebrating 10 years by giving exciting prizes!*

 Claim Your Reward:

 http://whatsapp.com.prizeclaim.co/

_Only people with this message can claim the reward_


Karena curiga terhadap alamat web yang digunakan, sekaligus mencaritahu seperti apa program yang dimaksud, saya mencoba untuk membuktikannya. Ketika saya klik link tersebut dan mengikuti “aturannya” yakni spin roda hadiah, tidak main-main, hadiah yang saya dapatkan adalah iPhone 7 Black 32gb. Siapa yang tidak senang? Apalagi dihalaman utama web tersebut terdapat banyak sekali testimoni dari banyak pemenang (entah siapa sebenarnya orang-orang tersebut), semakin meyakinkan.

Tapi tunggu dulu. Hadiah tersebut tidak diberikan cuma-cuma. Anda diharuskan untuk menyebarkan pesan yang disediakan web tersebut sebanyak 8 kali. Baru anda bisa “mendapatkan” hadiah tersebut.

Saya sudah share pesan tersebut tapi kenapa tidak dapat hadiah?

Disitulah letak penipuannya. Hehehe

Situs tersebut bukanlah situs resmi dari WhatsApp. Seperti yang terlihat, alamat web tersebut adalah http://whatsapp.com.prizeclaim.co/, domain yang digunakan adalah prizeclaim.co bukanlah whatsapp.com, sudah sangat jelas bahwa isi dari situs tersebut tidak bisa dipertanggungjawabkan. Apalagi hanya dengan sekali klik dan share pesan kita dapat iPhone 7.

Seperti informasi yang saya dapatkan dari situs https://www.scamadviser.com/check-website/whatsapp.com.prizeclaim.co#, domain atau alamat yang dipakai baru saja didaftarkan (berumur 0 days), serta data kepemilikan dari situs tersebut yang meragukan.

Semoga kita semua bisa lebih waspada agar tidak mudah tertipu. Meskipun tidak merugikan kita, tetap namanya adalah penipuan🙂