Sudah sejak (kurang lebih) awal-pertengahan September saya sudah mendapatkan sms pemberitahuan dari Indosat bahwa jaringan mereka telah siap 4G di Malang dan diminta untuk menukarkan SIM Card di galeri Indosat yang ada di Jalan J.A Suprapto. Karena penasaran saya pun langsung menuju galeri pada esok harinya. Pada sms yang saya terima, ada bonus yang diberikan oleh Indosat seperti pulsa hingga kuota internet. Namun karena saya terlambat menukarkan kartu, tidak dapat menikmati gratisan tersebut. Sayang.

Pada saat penukaran kartu, saya sempat bertanya tentang waktu yang pasti tersedianya  Indosat 4G di Malang. Mas-mas yang jaga cuma bilang sekitar bukan November. Lama juga sebenarnya. Masnya juga bilang kalau Surabaya terlebih dahulu pengimplementasiannya, Malang sudah request. Baiklah saatnya menunggu.

Akhirnya pada hari Sabtu (14/11/2015) sore saya mendapatkan sms dari Indosat yang memberitahukan bahwa area saya tinggal saat ini sudah ter-cover jaringan 4G Indosat. Tanpa basa-basi saya pun langsung mengubah pengaturan jaringan ponsel saya ke 4G. Kekecewaan yang saya dapat, karena signal bar masih menunjukkan indikator 3G. Namun setelah beberapa saat, yang ditunggu-tunggu akhirnya muncul juga. Yup! 4G LTE-nya Indosat nyangkut di hape saya. Hehehe

Hal selanjutnya yang saya lakukan adalah membuka aplikasi speedtest, karena penasaran dengan kecepatan 4G LTE operator favorit saya sejak pertama kali memegang hape. Dan hasilnya adalah 

  
Download speednya 2 MBps, upload 1.17 MBps, dan yang paling penting ping-nya hanya 31ms! Kalau dibuat satuan bit, download sekitar 16 mbps. Keren banget! Oiya, mungkin lokasi menentukan prestasi. Saya hanya sekali mencoba di area Unisma, belum sempat coba di tempat lain.

Update: sempat coba di Telkom Pusat Blimbing, ternyata tidak dapat sinyal 4G. Selain itu sempat coba di daerah Politeknik Negeri Malang sekitar jam 1 siang dapat speed 2MBps lebih sedikit.

Cheers.