Kemarin (19 April 2012) gue dapet kiriman broadcast message BBM yang lagi-lagi berpotensi “meresahkan” para pengguna BlackBerry.
Kali ini isi pesan tersebut memberikan informasi tentang adanya “kualitas BlackBerry” dari yang terbaik-terburuk hingga “BlackBerry palsu” yang hanya dilihat cukup dengan satu cara saja.
Seperti inilah isi broadcast message tersebut:

“Participants:
————-
ちゃんでら, O̷̴̷̴̐ﻬO̷̴̷̴̐ Sucie Riendah AgGeita@>–

Messages:
———
O̷̴̷̴̐ﻬO̷̴̷̴̐ Sucie Riendah AgGeita@>–:
CARA CEK BB PALSU / ASLI BB KAMUCoba & buktikan BB mu
Ketik: *#06# kmdian gak prlu tekan ‘phone’ maka akan muncul 15 digit angka nomor IMEI BlackBerry Anda.
Contoh : 316725.00.4690216.
Angka ketujuh & kedelapan nomor IMEI ini adalah 00.
Itu berarti BB tersebut diproduksi di Finlandia dengan kualitas yang sangat bagus.
Jika angka ketujuh dan kedelapan adalah angka 02 atau 20, maka BB tersebut dibuat di Asia dengan kualitas yang jelek.
Jika angka ketujuh dan kedelapan adalah angka 08 atau 80, maka BB tersebut dibuat di Jerman dengan kualitas lumayan.
Jika angka ketujuh dan kedelapan adalah angka 03, maka BB tersebut dibuat di Prancis atau Canada dengan kualitas paling baik.
Jika angka ketujuh dan kedelapan adalah angka 04, maka BB tersebut limited edition dibuat khusus di Canada dengan kualitas terbaik di dunia .
Jika BB anda tidak termasuk dari salah satu di atas, berarti BB Anda adalah BB palsu. Semoga berguna.
Share juga yah …
Yang manakah punya anda..?
Silahkan DICOBA……”

Banyak yang meragukan kebenaran informasi ini.
Karena setau gue dari internet, banyak pengguna BlackBerry yang kalo dilihat dari IMEI tadi termasuk pada kelompok “terburuk”, diproduksi di Asia, tapi baik-baik aja tuh. Gak ada masalah.
Trus asal tau aja nih, alias FYI alias for your information, kalo BlackBerry yang dibuat di Asia tuh dibuat ama China & Malaysia. (Dapet info dari berita internet tentang beredarnya BlackBerry buatan Malaysia di Indonesia).
Lagian masa’ RIM mau dibuatin BlackBerry dengan kualitas “terburuk”?
Pencitraan dong.. B)

Kemudian ada lagi, sebelum BlackBerry rame di Indonesia, gue pernah denger info begituan. Cuman “BlackBerry”nya versi “Nokia”.
Seinget gue juga sama isinya kaya’ gitu.
Digit ke 7-8 kalo angka sekian berarti begini, begitu, begini begitu. Whatever..

Trus kalo BlackBerry kita CDMA (kaya’ punya gue nih) kan gak pake IMEI, tapi pake ESN. Jadi gak bakalan bisa dibuat ngecek IMEI lewat kode *#06#. Tapi ESN bisa dilihat dari shortcut “alt+shift kiri+H”. Nah ESN ini beda sama IMEI yang banyak banget angkanya. ESN kombinasi antara angka dan huruf, (punya gue sih gitu).
Tapi ada sih versi lain, ESN yang decimal, alias angka semuanya.

Jadi kita nggak perlu khawatir soal BM seperti ini. Mau hasilnya angka berapapun juga gak pengaruh. Yang penting bisa buat BBM-an lancar jaya mah udah termasuk BlackBerry asli. Menurut gue sih.
Soalnya kan cuma BlackBerry aja yang bisa BBM-an.
Pertengahan 2011 kemarin sempat ada kabar kalo di tahun 2012 BBM bakal ada di Android. Tapi kemudian dibantah oleh petinggi RIM.
Batal deh ada BBM di Android gue. (⌣́_⌣̀)

Nah kalo menurut gue BlackBerry yang palsu tuh bisa dipake buat 2 atau lebih kartu SIM sekaligus. Trus ada analog TV+analog radio, gak ada BBM-nya.
Hehehe <(^.^)v

Happy weekend..🙂

UPDATE!!!
Ada pencerahan nih dari agan yg baik hati di kolom komentar:
maaf numpang kasih penjelasan sebentar biar gak pada bingung bb anda palsu atau tidak made in mana,sebenarnya triknya gampang tinggal lihat nomer imei bb anda terus masukkan nomer imei di kolom yang terdapat di alamat link ini : http://www.numberingplans.com/?page=analysis&sub=imeinr
terus kalau tembus akan terbaca bahwa bb anda tipe bbnya kalau sesuai anda tidak perlu kahwatir,kalau bb anda tidak terbaca itu baru persiapan alamat bb anda palsu dan rawan pin suspend,lha kalau bb suspend apa bedanya dengan hp biasa?sebab keunggulan bb cuma pada fitur bbm aja,kalau bb tanpa pin ama aja bo’ong

langkah kedua:pastikan bb anda terjamin pada garansi resmi,seperti TAM,trikomsel,bless,atau apalah sebab banyak vendor di indonesia sampai ane gak hafal,tujuannya untuk pertanggung jawaban kalau seandainya bb anda mati pinnya.

langkah ketiga:jangan pernah beli bb BM,benar harga bisa setengah,coba dipikir lagi seandainya ada apa apa,misal pin suspend,kita minta pertanggung jawaban pada siapa?

langkah keempat:pastikan tombol QWERTY nya,kalau bb rawan suspend bukan QWERTY melainkan QWERTZ,kalau anda menemui bb seperti ini jangan pernah dibeli walau harga sangat murah sekalipun.
demikian info dari saya semoga bisa bermanfaat

by papazz23
Posted with WordPress for BlackBerry.