earth hour 2012

Earth Hour adalah suatu kegiatan yang diadakan serentak di dunia, yang dikoordinasi oleh World Wide Fund for Nature (WWF).
Earth Hour ini diadakan setiap akhir Sabtu di Bulan Maret, atau lebih tepatnya hari ini. Sabtu, 31 Maret 2012.
Di kegiatan ini masyarakat diajak untuk mematikan lampu selama 1 (satu) jam saja. Yakni pukul 20:30 sampai dengan 21:30 waktu setempat.
Dengan kegiatan ini diharapkan masyarakat lebih meningkat kepeduliannya terhadap ancaman perubahan iklim dan pemanasan global.
Tahun ini untuk tagline WWF Indonesia adalah: “Ini aksiku! Mana aksimu?”

seperti yang ditulis di kompas.com (dengan beberapa penyesuaian):

“Earth Hour akan dirayakan Sabtu (31/3/2012) di 26 kota di Indonesia. Masyarakat diminta mematikan lampu dan peralatan listrik yang tidak diperlukan mulai pukul 20.30-21.30.

Masyarakat menyalakan lilin saat dilakukan pemadaman lampu dalam program Earth Hour di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta pada saat tersebut.

Di sejumlah perayaan Earth Hour yang dikoordinasi oleh WWF Indonesia, komunitas yang terdiri dari kaum muda banyak terlibat. Ini menandai kesadaran kaum muda tentang gaya hidup hijau dan hemat energi.

Gaya hidup yang tak ramah lingkungan dan inefisien bisa dilihat dari pilihan transportasi yang digunakan, pola konsumsi serta penggunaan gadget.

Momen Eaarth Hour menjadi kesempatan bagi kaum muda untuk melihat lagi gaya hidupnya. menurut Verena, ada beberapa hal yang bisa dilakukan secara sederhana.

“Misalnya dalam penggunaan gadget, sekarang anak muda banyak memakai. Bisa dimulai jika baterai sudah penuh, alat charge bisa langsung dicabut,” jelas Verena.

Cara lain adalah menghemat konsumsi air, mengurangi konsumsi plastik saat belanja, melilih moda transportasi umum serta memakai sepeda atau berjalan kaki dalam jarak dekat.

Verena menuturkan, “Perbaikan pada anak muda ini peranannya penting karena akan menentukan gaya hidup sampai mereka tua. Apa yang dilakukan anak muda bisa menuai hal positif ke depan.”

Ketika lampu dimatikan, masyarakat terutama anak muda tetap bisa berkegiatan. Di sejumlah daerah, perayaan Earth Hour diikuti dengan beragam kegiatan menarik.

Di Jakarta, WWF Indonesia sebagai organizer Earth Hour akan menggelar perayaan di Central Park Mal, Jakarta Barat. Terdapat sejumlah performance dan Bazaar.

“Untuk di panggung ada pertunjukan musik akustik dan paduan suara dari SD Benhil,” ungkap Verena Puspawardani, Koordinator Kampanye Iklim dan Energi WWF Indonesia di Jakarta, Jumat (30/3/2012).

Sejumlah komunitas turut berpartisipasi dalam acara tersebut. Di antaranya adalah Komunitas Yoyo, Himpunan Astronom Amatir Jakarta dan Indonesia Sketcher.

“Bagi yang berminat mengamati bintang saat lampu dimatikan, komunitas Himpunan Astronom Amatir Jakarta bisa meminjamkan teleskop,” jelas Verena.

Berminat berpartisipasi? Datang saja Sabtu besok di Central Park Mal. Jangan lupa, matikan lampu dan komunikasikan pentingnya hemat energi bagi lingkungan.

Perayaan Earth Hour di Indonesia kali ini masuk penyelenggaraan keempat. Earth Hour mulai dirayakan di Sydney, Australia pada tahun 2007.

Satu hal yang penting setelah perayaan Earth Hour adalah menjadikan hemat energi dan ramah lingkungan sebagai gaya hidup.”

Kegiatan ini, menurut WWF Indonesia didukung oleh beberapa pemerintahan di Provinsi maupun Daerah. Seperti DKI Jakarta, Jawa Barat, DI Yogyakarta, Surabaya, Malang Kota, Surakarta, Kalimantan Timur, dan lain-lain.

Ikutan “Switch Off” lampu-lampu dan alat elektronik lain yang tidak terpakai, yuk?🙂
switch off