Diet, kalo tau soal kata yang satu ini nih pastinya otak kita bakal susah payah, jungkir balik, goyang gayung ampe muter-muter bantuin si ayu nyarian alamat palsu *ah lebe deh*
Oke deh balik lagi.
Mungkin otak kita bakal bayangin soal berat badan yang “lebih”, atau paling enggak soal usaha ngirit makanan yang dimakan.

Buat gw pribadi sih ga perlu diet-dietan segala lah kalo mo nurunin berat badan. Atau paling enggak jaga kestabilan berat badan.
Pengalaman gw nih, waktu gw cek up ke tukang ahli kesehatan gitu, dibilangnya gw overweight men! Saat itu gw diukur (ditimbang kali ya yang bener?) pake alat punya tuh tukang, jarumnya nunjuk ke angka 71! Gokiilll!
Tuh tukang juga asal banget kaya’nya (apa emang gw aja ya yg bego?), bilang kalo berat badan gw musti diturunin 8 kg dalam waktu kurang dari satu bulan men!
Bunting aja musti nunggu 9 bulan biar kecil perutnya.

Gw sih optimis aja lah bisa nurunin berat segitu. Perang pun dimulai.
Ngikutin saran pak tukang, gw mulai jaga makanan gw. Mulai dari nasi yang cukup 5 kali suapan udah langsung bersih, juga ngindarin dari goreng-gorengan. Alhasil cuman makan yang berkuah aja.
Sayuran, buah-buahan, ama makanan yang sekiranya gak manis dah makanan gw (saat itu).
Berasa jadi orang yang udah kena daibed stadium 5!

Kalo siang juga gw disuruh lari-lari, katanya biar cepet bakar lemak. Gw turutin dah. Ampe keringet berasa diperes dari tubuh gw, lemes banget gara-gara kena panas matahari yang ngegoda gw buat berhenti lari trus disuruh tiduran di tengah aspal disiang hari. Panas lah, bego. Makanya gw gak mau nurutun maunya si matahari.

Momen paling “sesuatu” buat gw tuh waktu ada hajatan tetangga atau sejenisnya gitu deh, biasanya kan bagi-bagi makanan yang kalo diliat tuh enak banget gitu, padahal pas dimakan juga sama aja kan ama keliatannya, enak banget.😀
Nah gw tuh yang keliatannya paling “alim” kata orang jawa.
Cuman bisa liatin tuh makanan, ama bayangin gimana rasanya tuh makanan masuk ke mulut gw. Gak kebayang rasanya gimana, soalnya kan belom makan. :p

Lanjut aja nih ampe sebulan kemudian.
Setelah ritual parah yg gw jalanin tempo hari, gw coba tuh buat ukur lagi. Kira-kira udah nyampe angka 60 kg belom, gw penasaran.
Nah pas gw ukur tuh, shock banget gw men!
Timbul pertanyaan:
“Kenapa? Nyampe angka 50? Wuiihh keren dong?”
Gw jawab aja nih, bukan.
Ternyata si jarum masih aja sok akrab ama angka 7, sok deketin gituh.
Yoi men, last result nunjuk di angka 70.
Perjuangan gw selama sebulan ternyata cuman bisa nurunin 1 kg aja.
(ʃ˘̩̩̩.˘̩̩̩ƪ)

Setelah ngerasa kecewa banget ama hasil barusan, gw mulai deh ritual gw yang laen.
Ngisi perut ampe penuh! Gara-gara diet masih aja gak berhasil.
Apalagi pas puasa Ramadhan ampe lebaran. Makan terus dah!
Tapi kalo lagi puasa, diet tetep jalan men.
Baru deh pas bedug magrib dilanjutin makan.
Gatau dah naek ampe angka berapa. Mungkin gak sampe 100.😀

Akhirnya musim rambutan. Eh salah, musimnya masuk kuliah. Bubaran lebaran, di bulan September kalo gak salah.
Gw emang udah gak ada ritual diet lagi, harusnya sih bisa makan ampe puas.
Nah berhubung di Malang gw ngekos, sendirian juga disini. Emang sih ada temen-temen eSeMA ama sodara gw disini, tapi gw berasa males aja gitu kalo musti keluar-keluar.
Alhasil ya gak ada yang dijadiin buat ngisi perut selaen makanan pokok, nasi + lauk gak pake pauk.
Makan juga kalo berasa laper banget aja, itu juga gak banyak. Kalo makannya gw abisin juga gak ampe berasa kenyang.
Kaya’ lagi ngikutin saran ahli kesehatan, kalo gak salah sih, maap ye kalo salah. “Makan ketika lapar. Berhenti sebelum kenyang”.
Trus nih kalo lagi pengen nyemil, gw bo’ongin dah perut gw.
Malah gw buat maen game, liat tv, tidur atau laennya gitu, sekiranya gak inget lagi ama yang namanya nyemil.😀
Trus kalo senin ama kamis juga gw usahain buat nahan makan+minum ampe bedug.
Soalnya kalo senin ada jam ampe maghrib, jadi ya tanggung sekalian aja.
Hehehe
Sebenernya sekalian ngirit pengeluaran juga sih..
Lumayan juga kan, ampe sekarang udah dapet KWorld USB TV Tuner + Blackberry 8330.
Hehehe
Insya Allah ntar gw nyampah lagi soal USVB TV Tuner + Blackberry 8330 nya.

Setelah berjalan sekian bulan, sekarang Desember kan, alhamdulillah dengan kebiasaan kaya’ gitu berat gw sekarang stabil di angka 60-62. (´⌣`ʃƪ)
Kaya’ kemarin nih pas liburan natal, gw sempet makan dengan porsi lumayan banyak ampe 4x men!
Alhamdulillah lagi pas gw ukur masih stabil di angka itu.

Kalo mo ngikutin cara gw buat nurunin berat badan sih gapapa. Asal jangan terlalu aja.
Kan yang berlebihan itu tidak baik.😀

Buat yang lagi diet nih, khususnya temen gw si Devi WePe,😀
Gak usah deh diet-diet segala, yang penting makannya dijaga. Trus pake metode “makan ketika lapar dan berhenti sebelum kenyang” insya Allah bisa turun.
Menurut gw emang itu cara ampuh buat nurunin berat badan, tapi gak banyak nyiksa.😀

Oke deh, makasi udah baca. En,
Keep your body health!🙂

Posted with WordPress for BlackBerry.