hmm, gak habis pikir gw soal os linux yang satu ini. sumpah cepet banget update-nya!
padahal baru kemaren gw nyobain ubuntu release 11.04 “Natty Narwhal”, eh sekarang udah muncul lagi yang terbaru, Ubuntu 11.10 “Oneiric Ocelot”. mungkin gw juga seih yang telat nyobain ubuntu 11.04-nya. hehehe

yup, emang ubuntu gw anggep kaya’ antivirus. gimana enggak, setiap bulan april dan oktober (berdasarkan pengamatan dan penilitian, bukan penelitian loh, setau gw emang di dua bulan itu mereka release versi terbaru). dan sekedar berbagi info, 11.10 merupakan kombinasi dari tahun dan bulan saat ini. bener kan? tahun 2011, disingkat 11, bulan oktober (10), jadinya 11.10 deh. nah karena yang gw pake saat ini 11.04, udah ketauan kan kalo emang gw telat pake? rilis udah bulan april kemarin, tapi baru gw cobain bulan oktober! poor me -,-

image source: ubuntu.com

secara kasat mata, jika dilihat dari tampilan desktop masih sama dengan yang gw punya. (alhamdulillah ya😀 )
tapi who knows kalo ternyata dalemannya beda banget. buat anda yang pengen nyobain gimana serunya, silakan download aja di situs resminya, http://www.ubuntu.com/download . tapi ntar waktu download pasti di redirect ke server Indonesia, jadi insya Allah proses download akan berjalan dengan cepat, namun bergantung juga dengan koneksi internet anda, seperti pengalaman gw kemaren redirect ke pesat.net.id <= kalo gak salah, servernya itu😀 ) dan kalo gw kemaren agak lemot, soalnya internetnya lemot. untuk ukuran file, kurang lebih seukuran kapasitas CD, 600-700 MB.

dan yang terpenting dari semua itu, Ubuntu sama sekali tidak dipungut biaya untuk download ataupun pemakaian. hanya saja dibutuhkan koneksi internet pada ubuntu untuk mengunduh beberapa codec/plugin yang digunakan untuk memutar beberapa jenis file multimedia.

“OPEN SOURCE is BETTER than PIRACY”