image

postingan kali ini,gw selaku penulis garing (kenapa garing? soalnya tiap nulis datar2 aja, gak kayak penulis labil asal kota reog, [bukan reyot loh] om davidstraw yang postingannya gokil banget!) bakal sedikit sharing soal sesuatu (gaya bicaranya bukan “sesuatu”nya syahrini loh!) yang baru dari letop gw, sebuah sistem operasi (gak pake alat medis neh) open source alias gretongs yang baru gw pake. sebenernya sih bukan baru kali ini gw pake, dulu pas masih duduk di bangku eSeMPe (cuman duduk, ama dengerin guru ngomong. udah 3 tahun diusir,tapi pake ngerjain soal biar bisa keluar) gw pernah ngelakuin fatal error! bukan ngebakar komputer gw ampe meledug kaya’ di Sleman kemaren (tapi yang kemaren kan ATM yg dibakar ampe meledug) apalagi nyari alamat kesana kemari yang ujung-ujungnya alamat palsu ala produk lama tapi baru namun menjadi saingan terberat dari iPod, iPhone dan bahkan iPad sekalipun yang datang dari Negeri kita tercinta, Indonesia (cinta produk dalam negeri) yakni iYou Think-think! Tapi bacanya cukup “Ayu Ting-ting” aja bos!πŸ˜€

ganti baris ah biar keren.
lanjut ke benang merah. gw dulu pernah ngancurin data-data di komputer. dengan lugu dan kepolosan gw, berhasil nyobain+ngehapus seluruh isi hardisk dengan “barang baru” gw pada saat itu, LinuxMint (versi berapa gw lupaπŸ˜€ ). jujur gw pas waktu itu cuman asal aja nyobain, gak pake teliti yang akhirnya ngebuat data-data ilang keformat!

tapi kali ini beda. tahun 2011 gw ada sekidit (gak usah protes,emang gw buat gitu) konflik ama OS jendela di letop gw. adanya sejenis virus yg gw identifikasi (ceilah) sebagai “serverx” dengan ekstensi “.exe” alias “serverx.exe” yang gak bisa ilang sekalipun udah gw inul (install ulang) si jendela ampe gw bosen! dan yang buat gw jengkel, virus ini ngerusak program (exe) di hardisk gw yang ngebuat hampir semua program jadi crash (APPCRASH). akhirnya gw mutusin buat moving ke keluarga linux, dengan download LinuxMint 10 KDE DVD version dari mirror (kaca)-nya ITS, 1.4GB! namun akhirnya berujung pada korupsi (file corrupt) jadi hak bisa di install. <– gw putus asa

dua hari kemaren kalo ga salah, temen gw nyeletuk “hape aja android, masih pake os jendela!”. dalam batin gw ngomong “anjrit banget ni anak”, semakin terpompa lagi aer keran gw! eh salah, semangat gw yang kepompa.πŸ˜€
sampe akhirnya pagi tadi udah selesai download lagi keluarga linux yang laen, Ubuntu 11.04 Natty. yang ini cuman 600.an mb,jadi agak cepet. tapi resikonya gak bisa maenin file multimedia macam mp3 dan temans-nya. akhirnya ya download lagi codec yang setidaknya dibutuhkan dalam kehidupan gw.πŸ˜€

kemudian tadi nyobain connect pake modem usb gw,tapi gagal. bukan gagal total soalnya tadi sempet connected meskipun gak bisa dipake!πŸ˜€
barusan nekat pake tethering yang ada di Android gw. sebelumnya gw udah nyiapin bekal, paket internet unlimited dari si eXeL. sebenernya sih terpaksa,soalnya si eksis gw tinggal di kosan. singkat cerita udah connect pake tether. pertama sih lumayan lah speed-nya. lama-lama akhirnya “snaili” juga.
sempet download codec buat maenin file *.dat tapi keputus pas tengah jalan, gatau kenapa.

yasudalah mungkin cobaan buat gw, yang lagi pengen kembali ke jalur kebenaran. ceilah bahasanya boyy!!
gw punya slogan baru, “OPEN SOURCE (FREEWARE) is BETTER than PIRACY!”
semoga keinginan gw buat pake open source bakal bertahan buat selamanya. amiinπŸ˜€

makasi buat waktunya, udah ngebaca bacotan garing+gak jelas dari gw.
have a nice day/night, guys!

Posted from WordPress for Android