First post gw soal Android, mulai dari hal yang paling penting dalam optimalisasi gadget android anda, Rooting Android. Khususnya keluaran Samsung dengan tipe tertentu. Karena rooting Android adalah membuat diri kita (pemilik) menjadi lebih berkuasa dalam OS Android-nya. Misal, untuk meng-install aplikasi atau game kebanyakan akan tersimpan dalam internal memory, dan untuk memindahkannya, baik secara otomatis ataupun manual kebanyakan akan membutuhkan akses “root”.

Namun konsekuensinya adalah menurut temen-temen di kaskus, garansi gadget Android anda akan hangus. Jangan khawatir, Android yang udah ROOTED masih bisa di UN-ROOT kok. Next time akan gw bahas. Dan selama gw pake Android, gak ada masalah besar kok. Maksimal di flash ulang udah bener Android-nya, gak perlu ke servis center segala.

Nah langsung aja, bahan yang dibutuhkan cuman file update-an ini:
update.zip < server: mediafire

NEW DOWNLOAD UPDATE.ZIP (4SHARED)

Step-by-step:

  1. Kalo udah download file diatas tadi, letakkan di sd-card / microSD-card, dan jangan diletakkan di dalam folder apapun.
  2. Matiin android anda, terus kalo udah mati beneran (kalo di Galaxy Mini gw getar dulu baru mati beneran) pencet dan tahan tombol “HOME”, dan tombol “POWER/ ON/OFF”. Tahan terus dan tunggu ampe masuk ke “RECOVERY MODE”.
  3. Kalo udah masuk recovery mode, gak usah kaget kalo layarnya gak bisa di sentuh, soalnya scroll-nya pake tombol volume. Arahin dah ke menu “APPLY UPDATE FROM SD CARD”, pencet tombol “HOME” buat [OK]-nya.
  4. Cari file update.zip yang udah di download tadi, kalo gak dimasukin folder seperti saran gw gampang carinya. Pasti langsung ketemu di direktori awal SD CARD. Kalo udah ketemu, pencet aja OK.
  5. Biasanya ada pertanyaan “bla,,bla,,bla,,” langsung pilih “YES” aja. Tunggu ampe successfully installed.
  6. Kalo udah pencet tombol BACK, masak gak tau sih yang mana? :mrgreen:
  7. Terus pilih dah “REBOOT NOW”. Tunggu ampe android anda berhasil restart dan masuk ke lock-screen.

Jika anda sudah melakukan step-by-step diatas dengan benar, maka sudah dapat dipastikan Android anda telah ROOTED. Untuk mengetahuinya buka menu android anda, kemudian cari aplikasi yang bergambar kayak tengkorak, namanya “SUPERUSER”. Kalo udah ada, SELAMAT ANDROID ANDA TELAH ROOTED!

TESTED AND WORK ON:
SAMSUNG GALAXY MINI GT-S5570 (FROYO 2.2.1 + GINGERBREAD 2.3.4)
SAMSUNG GALAXY ACE GT-S5830 (FROYO 2.2.1)
dan kemungkinan kompatibel juga dengan gadget samsung android lainnya. namun tidak semua.

FAILED TO PASSED ON:
SAMSUNG GALAXY GIO GT-S5660 (FROYO 2.2.1)

Jika anda ingin un-root android anda, klik disini untuk tutorial simpel-nya.
*z4root belum pernah berhasil nyobain buat root.

DO WITH YOUR OWN RISK!
gw gak tanggung jawab kalo handheld anda bermasalah dalam melakukan tutorial diatas.
namun gw bakal usahain buat bantu mecahin masalah Android anda.

credit:
agan iqbal46 kaskus
lounge lil’g kaskus