Intermezzo:
Teringat waktu pertama kali eksis di dunia internet, setelah membeli hape modem yang di paket (bundle) oleh salah satu operator di Indonesia. Langsung buat blog ini atas dasar berbagi informasi, karena sering juga dari teman-teman saya yang menanyakan tentang komputer maupun hape. Pada saat itu juga masih sangat awam dengan internet, apalagi mengenai domain serta hosting yang merupakan satu-kesatuan yang takkan mungkin terpisahkan satu sama lain.
(curhat)

Langsung saja menuju topik pembahasan, Domain dan Hosting.
Mungkin banyak yang masih awam dan bahkan belum mengenal istilah “domain” serta “hosting”. Jujur saya akui bahwa saya pun masih awam. Jadi mohon ma’af apabila terdapat kesalahan. CMIIW, Correct Me If I Wrong.

Pertama, kita mulai dari domain. Domain pada internet merupakan penamaan alamat suatu situs yang sekaligus memiliki fungsi yang sama halnya dengan alamat rumah kita. Yang biasanya dituju ataupun anda bagikan pada kolega pada saat mereka bertanya. Tentu saja “alamat” atau domain ini sangat unik dan tidak akan pernah ada kesamaan antara domain yang satu dengan domain yang lain. Misalnya saja, www.jagoanhosting.com. Ketika anda memasukkan alamat (URL) tersebut pada browser anda, tentunya anda akan langsung dibawa menuju ke “rumah” dari Jagoan Hosting Indonesia. Dan pastinya anda tidak akan mengalami “salah alamat” dalam perjalanan menuju ke halaman Jagoan Hosting Indonesia. Hehehe😀

Kebanyakan, (dan memang banyak) bahwa domain yang dipilih oleh pemilik situs,lebih mudah, sederhana dan semenarik mungkin, agar para pengunjung yang datang terkesan dan lebih mudah mengingatnya. Sehingga hal itu akan mempermudah pengunjung untuk datang lagi ke “rumah” maya kita, baik blog maupun website.

Di dalam domain, masih ada lagi yang namanya subdomain. Yang kalau menurut saya, subdomain merupakan bagian dari domain, yang jika diibaratkan lagi dengan rumah, seperti suatu lahan yang terbagi atas bangunan utama (rumah) dengan beberapa bangunan lain.
Subdomain selalu terletak disebelah kiri dari domain. Misalnya subdomain:
lomba-artikel.jagoanhosting.com
, dimana “lomba-artikel” merupakan subdomain, dan “jagoanhosting.com” adalah domain.

Sedangkan untuk yang kedua, hosting. Hosting merupakan tempat penyimpanan berbagai file atau komponen dalam website ataupun blog. Misalnya saja, gambar, file dokumen, video, dan lain sebagainya.  Jika di “andai”kan lagi dengan rumah, hosting merupakan wilayah atau area tanah yang kita miliki untuk tempat berdirinya bangunan utama (domain) maupun bangunan pendukung (subdomain).

Pada dasarnya, banyak penyedia jasa domain dan hosting di internet. Baik dalam negeri maupun luar negeri. Ada yang berbayar, dan ada juga yang menyediakan secara cuma-cuma alias gratis, tentunya dengan segala kelebihan dan kekurangan masing-masing didalamnya.
 Akan tetapi, alangkah lebih baik jika kita menggunakan produk dalam negeri. Seperti Jagoan Hosting ini adalah salah satunya. Selain menunjukkan rasa cinta Indonesia, kita juga dapat mempercepat proses loading situs milik kita, sekaligus menghemat biaya yang dikeluarkan untuk loading dari hosting luar negeri. Karena jarak tentunya mempengaruhi kecepatan dari proses loading situs kita. Lebih baik biaya (uang) yang kita keluarkan untuk orang pribumi. Hehehe😀
Kemudian jika dilihat dari segi “masa aktif” keduanya (domain dan hosting), terdapat pilihan antara berlangganan persemester ataupun pertahun.

Sepertinya hanya ini yang dapat saya sampaikan.  Jika anda masih merasa kesulitan, masih belum paham akan penjelasan tertulis yang saya berikan, dibawah ini ada penjelasan secara visual (video). Semoga dengan video tersebut anda akan lebih mudah untuk memahaminya.

Sekali lagi saya mohon maaf apabila terdapat kesalahan maupun kekurangan. CMIIW.
Selamat berselancar!
Be Safe, Be secured!

Jagoan Hosting, Jagoan Hosting Indonesia!!