Sekarang ini RBT atau NSP sudah menjadi fenomena yang sangat menarik bagi masyarakat Indonesia. Setiap kali kita menelpon ke ponsel teman, selalu terdengar lagu-lagu terbaru yang menemani, sambil menunggu teman kita mengangkat telponnya. Ya itulah RBT. Kita biasa menggunakan RBT berbayar dari operator. Namun sekarang tersedia aplikasi untuk ponsel Symbian, yang dapat dapat berfungsi bagaikan sebuah layanan RBT atau NSP, yang tentu saja gratis.

Aplikasi ini bernama Ring Out Tone yang dapat anda download di sini.
Sebenarnya aplikasi ini bekerja dengan cara yang sangat sederhana. Pengguna ponsel Symbian S60 dapat memilih sendiri lagu apa yang ingin dijadikan RBT pada daftar kontak atau phonebook-nya. Sehingga pada saat kita menelpon daftar kontak yang telah kita tentukan, maka kita akan mendengar lagu mp3 bagaikan sebuah layanan RBT dari operator seluler.

Caranya sebagai berikut :

  1.  Setelah kita unduh aplikasi Ring Out Tone, maka segera pindahkan ke ponsel Symbian S60 kita, lalu install.
  2.  Buka aplikasi Ring Out ToneGeser Joystick ke kanan, pilih option.
  3. Pilih add files untuk menambah daftar lagu yang akan kita jadikan RBT.
  4. Pilih add contact, untuk memilih daftar kontak yang akan kita pasang RBT
  5. Setelah selesai jangan lupa Set On untuk mengaktifkannya.

Selesai sudah langkah-langkah yang harus kita lakukan. Sekarang coba kita menelpon daftar kontak yang sudah kita pasang RBT, maka terdengarlah suara merdu di ponsel kita serasa sebuah RBT. Jadi kalau selama ini kita berlangganan RBT yang mendengarkan adalah orang lain, maka dengan aplikasi ini kita sendiri yang akan mendengar RBT kreasi kita sendiri pada saat menelpon orang lain. Asyik kan? Gratis pula.
Selamat mencoba.

sumber
ikonek.net