Pernahkah terbesit dalam benak anda untuk memiliki blog pribadi, mempunyai domain pendek dan yang mudah untuk di ingat? Simak pembahasan berikut!

Ada banyak penyedia layanan domain internet, namun diantaranya hanya beberapa yang bersedia menyediakan jasanya dengan gratis. Ada co.cc, co.tv, serta dot.tk yang bersedia. Namun meskipun gratis, cukup memiliki manfaat yang besar dalam hal menyingkat URL Homepage maupun content lainnya dari blog anda. Hanya saja domain anda terlihat lain daripada yang lain. Misal, http://www.papazz.co.cc pada bagian belakang domain terdapat embel-embel penyedia jasa tersebut, co.cc.

Dari 3 provider tersebut, co.cc dan co.tv yang memberikan full control terhadap domain anda, terdapat URL Forwarding serta Zone Record (CNAME, A, MX, NS, TXT) yang bisa di atur dalam (free) domain anda. Yang paling mudah adalah URL Forwarding, anda cukup mendaftarkan blog anda yang menjadi tujuan untuk dijadikan domain tersebut. Misal, saya telah mendaftarkan http://www.papazz.co.cc dan menjadikan ep-os.blogspot.com sebagai URL tujuan.

Sementara dot.tk berani memberikan anda UNLIMITED DOMAIN untuk free URL Forwarding anda serta dukungan email forwarding yang memungkinkan anda mendaftarkan alamat email virtual untuk di forward ke alamat email anda. Misal, saya daftarkan http://www.papazz.tk dan menjadikan papazz23.wordpress.com sebagai URL tujuan dan menjadikan sebagai alamat email dengan admin@papazz.tk

Untuk mendaftar cukup masuk ke halaman web dari provider tersebut atau klik provider yang anda pilih dalam pembahasan ini. Untuk kelangsungannya hanya dibutuhkan account email untuk verifikasi.

Semoga bermanfaat!

Untuk contoh URL Forwarding silahkan anda kunjungi halaman ini:
papazZFriends.tk
papazz.tk
thefoo.tk