RSS

[TUTORIAL] Cara Setting Push Email BlackBerry

13 Mar

Push Email adalah salah satu fitur unggulan yang dimiliki oleh RIM dengan smartphone BlackBerry-nya, selain fitur social media yang terintegrasi (notifikasi near-real-time / mendekati waktu sebenarnya) dan BlackBerry Messenger.

Namun terkadang kita mendapati masalah dalam pengaturan atau setup push email tersebut.
Seperti halnya yang saya alami kemarin.
Hanya muncul layar putih kosong pada saat proses setup email.Saya coba menghubungi Customer Service operator via email, namun masih belum juga menemukan solusi.

Akhirnya saya menemukan cara setup yang ampuh selain melalui “setup wizard” atau “email setting” yang ada di folder “setup”.
Yaitu dengan mendaftarkan langsung ke “BlackBerry Internet Service” operator.
Berikut langkah-langkahnya:

• Buka alamat BIS operator anda, xxxxxx.blackberry.com
xxxxxx adalah operator, misal;
Indosat : indosat.blackberry.com
XL: xl.blackberry.com
Tri (3/three): tri.blackberry.com
Telkomsel: telkomsel.blackberry.com
Smartfren: smart-telecom.blackberry.com

• Pilih “Create New Account” atau “Buat Akun Baru”

• Centang di box “I have read and understand…” Atau “Saya telah membaca dan memahami…”
Lalu klik “I Agree” atau “Saya Setuju”

• Isi kolom “Device PIN” atau “PIN Perangkat” dengan PIN BlackBerry Anda, dan “Device IMEI” atau “IMEI Perangkat” dengan IMEI BlackBerry Anda.
PIN dan IMEI bisa dilihat di box BlackBerry Anda atau melalui “alt+shift kiri+H” dari BlackBerry Anda untuk mengetahuinya.

Sementara untuk pengguna BlackBerry CDMA, tidak ada kolom “Device IMEI” atau “IMEI Perangkat”, melainkan “Device ESN” atau “ESN Perangkat” yang juga bisa Anda lihat dari box atau “alt+shift kiri+H” dari BlackBerry Anda.

• Setelah terisi semua dengan benar, klik “Continue” atau “Lanjutkan”.

• Isi alamat email beserta password email Anda di kolom yang ada.
Lalu klik “Next”

• Jika sudah benar, akan muncul “Email Account Successfully Added”
Apabila Anda tidak ingin “synchronize” kontak yang ada di email, hilangkan centang di opsi “Contacts”. Lalu klik “Finish” untuk mengakhiri.
Namun jika ingin menambah email lain, klik “Add Another Account” dengan cara yang sama persis seperti diatas.

Setelah email Anda berhasil terkonfigurasi di web tadi, di homescreen atau menu BlackBerry Anda akan terdapat item baru yang berisi mailbox atau email yang telah Anda atur tadi.

Jika ingin menambah email lagi, sudah bisa melalui “Email Setting” di folder setup yang ada di menu.
Dengan langkah-langkah hampir mirip dengan cara diatas.

Selamat mencoba!
Semoga bermanfaat!

by papazz23
Posted with WordPress for BlackBerry.

 
45 Comments

Posted by on 13 March 2012 in Blackberry

 

Tags: ,

45 responses to “[TUTORIAL] Cara Setting Push Email BlackBerry

  1. FebriBlogs60v5

    13 March 2012 at 16:56

    pertamax bro… Hehe :mrgreen:

     
    • papazz23

      13 March 2012 at 18:36

      Selamat atas pertamax.nya.. :D
      Btw emang blognya sepi..
      Hehehe

       
      • FebriBlogs60v5

        13 March 2012 at 19:01

        sering” blogwalking dan ninggalin jejak masbro … terutama dengan situs yang Page Rank nya tinggi 5 keatas

         
        • papazz23

          13 March 2012 at 20:42

          masalahnya disitu bro..
          kalo jalan-jalan sih emang pengennya gitu.
          tapi ya susah soalnya jarang ol pake komputer..
          hehehe

           
  2. cristianaja

    13 March 2012 at 20:45

    salam kenal ya……..
    jangan lupa kunjungan balek nya

    http://cristianaja.wordpress.com/

     
    • papazz23

      13 March 2012 at 21:05

      Salam kenal juga..
      siap meluncurr… :D

       
  3. FebriBlogs60v5

    14 March 2012 at 08:20

    @papazz23
    Nah… Coba luangkan waktu bro… Insya allah statistik anda 2 x lipat naik,. Bahkan w sendiri 3 x lipat

     
    • papazz23

      14 March 2012 at 08:44

      blognya sapa aja tuh?
      ada yang tau g? :D

       
  4. Andri

    18 May 2012 at 19:56

    Mas bro email2 dari yahoogroup.com gk bisa ane terima di bb kenapa yah
    ada yang pernah ngalamin?
    thx

     
    • papazz23

      23 May 2012 at 05:08

      waduh mohon maap bgt nih bro..
      ane belom pernah nyoba… :mrgreen:
      mungkin ada yg bisa bantu?

       
  5. Amy Fuxnbumz

    29 May 2012 at 11:14

    bro .. di bb gemini ane, kenapa di menu SETUP ga ada setup mail ??? ane uda ubek2 menu, ga nemu juga . ane bb 8520, os 5.0.0.1075 .. thx

     
    • papazz23

      29 May 2012 at 11:42

      kalo ga ada coba buka di “setting wizard”, trus pilih “Email Setup”..
      kalo masih ga bisa, mungkin paket bb yg agan pake nggak support buat push email..
      misal di smartfren ane ada paket mail, social, dll. nah yg paket mail bisa support push email sementara yg social tidak.
      semoga mencerahkan.. :)

       
  6. Pradhipta A Sa (@adh____)

    6 August 2012 at 07:51

    subhanallah.. membantu banget..
    ganti bb lupa caranya set up email , padal dlu bisa :cd
    thanks sob!!!

     
    • papazz23

      9 August 2012 at 08:38

      alhamdulillah.. :D
      sama2 sob..

       
  7. rahasia sukses

    4 October 2012 at 20:52

    Makasih infonya,,sangat bermanfaat

     
    • papazz23

      9 October 2012 at 05:36

      sama2 gan… :)
      terima kasih sudah berkunjung

       
  8. ron27

    7 October 2012 at 15:27

    salam kenal ya.

    mo tanya nih..

    mas bro. gw coba register via xl.blackberry.com (gw pengguna xl),
    terus Create New account.
    lalu gw input Device PIN (pin BB gw) lalu Device Imel (Imel BB gw).

    pas udah nge-klik continue… muncul gini nih

    “Cannot Create Account:

    This Action cannot be performed using browser on a computer. use the email setup application on your blackberry smartphone to create the account.”

    gw artiin sh intinya gak bisa create account di browser ada, gunakan aplikasi konfigurasi email di bb loe.

    abis itu gw create account dr email setup. bisa.. hmmmm aneh ya.. hehe gw cuma mo berbagi pengalaman ja,

    btw thanks infonya, :)

     
    • papazz23

      9 October 2012 at 05:48

      thanks gan infonya..
      mungkin ada temen lain yg juga punya masalah sama sama agan.. :)

       
  9. loexman

    19 October 2012 at 13:58

    gan tolong pencerahanya, ane mo bikin akun BB tpi kok munculnya kek gini terus

    Cannot create account:

    Your BlackBerry® Internet Service Account is suspended or deactivated. Please contact
    Vodafone XL (Indonesia) at 0062-21-579 59 818 or customerservice@xl.co.id.

    kira2 solusinya gimana y gan………………

     
    • papazz23

      15 November 2012 at 06:44

      keknya agan disuruh koordinasi sama XL deh.. coba aja agan ke XL center atau tempat XL sejenis.. mungkin mereka bisa bantu.

       
  10. yoyok

    22 October 2012 at 08:10

    Berhasillll…horeee…. thanks gan…..

     
    • papazz23

      15 November 2012 at 06:34

      sama2… syukur deh gan.. :D
      selamaaattt..

       
    • herry liu

      9 June 2013 at 19:16

      Berhasil? Mmg pake operator apa bro?

       
  11. Arsene Ardy

    9 November 2012 at 14:15

    Nice post bro… sukses selalu

     
    • papazz23

      15 November 2012 at 06:24

      trima kasih gan.. :)

       
  12. chandra

    27 November 2012 at 15:22

    mohon pencerahannya gan
    katanya :

    Tidak dapat membuat akun:

    Perangkat BlackBerry® ini tidak terdaftar pada penyedia layanan nirkabel Anda. Harap
    daftarkan perangkat ini dan verifikasikan bahwa URL situs web saat ini sesuai dengan
    yang disediakan oleh penyedia layanan nirkabel Anda.
    Untuk mendaftarkan:
    1. Dalam Daftar aplikasi di perangkat Anda, klik Opsi, atau klik Opsi > Setelan.

    2. Klik Opsi Lanjutan > Tabel Rute Host.

    3. Klik tombol Menu dan klik Daftarkan Sekarang.

    pas ane masuk ke tabel rute host,, ada banyak pilihan di situ gan.. kira2 yang mana yang harus ane daftarin .. ? bingung
    mohon pencerahannya ya///////

     
    • papazz23

      27 November 2012 at 17:16

      maaf bro ane udah gak pake bb lagi..
      seinget ane itu ga pengaruh gan, yg penting agan pencet menu trus daftarkan sekarang deh..
      semoga berhasil gan.. :)

       
  13. chandra

    28 November 2012 at 07:21

    yo wess dah… thkz atas infonya ya….

     
    • papazz23

      30 November 2012 at 13:55

      sama2 sob..
      makasi udah mampir..

       
  14. FZR

    2 January 2013 at 15:25

    dlu bb nya pake smartfren jg ya bro??
    mw tanya nih, saya jg kbetulan pake bb smartfren..utk push email nya dia nerima email bisa, tpi klo utk ngirim ga bisa. padahal saya dh pake paket yg mail..kira2 knp ya bro??

    just info, message error nya you are currently on a service plan that does not support this application…..

    thx bro..

     
    • papazz23

      8 January 2013 at 14:08

      Coba aja agan register di host routing table, bisa jadi service book buat ngirimnya nggak ada..trus start..
      Tapi kalo masih belum bisa juga, agan bawa aja ke galeri smartnya..

       
  15. Ari

    4 April 2013 at 17:07

    Halo gan mohon dibantu,

    ohya, saya kan punya email yahoo atau hotmail, disitu saya add folder2. yang saya tanyak bagaimana cara setting agar yang sy masukkan ke folder dapat dilihat di BB thanks

     
    • papazz23

      5 April 2013 at 08:35

      Wah setau saya emang yg ada di inbox aja gan yg bakal masuk ke BB, juga gitu kalo pake aplikasi.
      Untuk solusinya mohon maaf saya kurang tahu.

       
  16. agus

    26 April 2013 at 10:28

    waktu push email itu kita daftar y langsung dari bb atau lewat browser pc bro ?

     
    • papazz23

      18 May 2013 at 08:13

      kalo dari bb bisa ya dari bb aja bro.. ane mulai dari pc soalnya gak bisa lewat bb, nah di pc cuman buat pancingan aja..

       
  17. herry liu

    9 June 2013 at 19:14

    Bro, masih tetap gk bisa neh dengan cara ug diajarkan. Saya menggunakan 3. Setelah ikut cara2nya, yg terakhir menyebut kalo setup email tdk bisa menggunakan browser dan sdh tersedia email setup di handset anda.
    So, gimana lagi bro? Ada cara lain?

     
    • papazz23

      26 June 2013 at 06:10

      kalo udah bilang gitu berarti gampang bro.. masuk ke setup, trus setup email..
      nah ikutin deh wizardnya :)

       
  18. anna

    8 July 2013 at 23:52

    Kok ga ada kotak centang nya ya di web  saya? Padahal udah creat new account berapa kali tapi ga ada :( , jadi ga bisa lanjut..

     
    • papazz23

      10 July 2013 at 05:44

      coba ganti browser lain sob :)

       
  19. imang

    22 July 2013 at 10:31

    Saya mo create email kantor, saat masuk xl.blackberry.com yg muncul bukannya permintaan PIN dan IMEI tapi masuk ke create email xl.blackberry.com, Saya coba ikuti & yg terjadi terbentuk email xl.blackberry sdgkan email yg saya inginkan (email kantor) tidak terbentuk, gimana caranya..?

     
    • papazz23

      24 July 2013 at 05:25

      Coba dulu di lihat di folder “setup” yg ada di menu utama, mungkin ada aplikasi untuk setup email. Kalau masih belum bisa saya sarankan untuk menghubungi call center xl saja langsung.
      Terima kasih.

       
  20. Milan trieznant

    12 September 2013 at 01:30

    Email saya dipake orang,gara2 ganti BB Dan saya ga bisa buat akun ga bisa semuanya,kalo dibantu dari situ bisa ga yaaa

     
    • papazz23

      12 September 2013 at 16:21

      bisa dicoba dulu.. soalnya dulu sebelum saya jual, saya hapus terlebih dahulu akun emailnya..

       
      • buddy

        21 February 2014 at 09:23

        kalo cara setting email tapi menggunakan jaringan wifi gimana ya gan?

         
        • papazz23

          21 February 2014 at 18:56

          wah ane belom coba gan..
          silakan coba cara diatas.. :)

           

Write a comment...

 
